Monday, December 30, 2013

Line-In Audio Recording



Mungkin Anda pernah merekam permainan musik Anda di keyboard atau gitar, namun setelah hasilnya didengarkan ulang.. “lho koq ada suara anjing menggonggong dan tukang baso lewat?” Kemudian Anda menunggu larut malam hingga suasana sangaatt sunyi, mengurung diri dalam ruangan tertutup, dan merekam ulang. “Kenapa tetap ada suara angin berdesir?” Tenang saja, Anda tidak perlu menyewa studio untuk menghasilkan rekaman kualitas tinggi, karena ada metode line-in audio recording.

Apa itu? Line-in audio recording menggunakan kabel sebagai penghantar suara, sehingga noise yang berasal dari lingkungan sekitar di udara seperti suara angin, orang berteriak, atau bahkan suara nafas kita sendiri tidak akan ikut terekam. Peralatan yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan mudah dicari. Pada tutorial ini saya menggunakan keyboard Yamaha PSR – 640 (keluaran lebih dari 10 tahun lalu) sebagai alat musik yang akan di-record dan laptop Asus Eee PC untuk melakukan recording. Kabel yang dibutuhkan adalah kabel audio dengan kedua ujung konektor berukuran 3.5mm (tidak usah pusing, ini kabel speaker komputer biasa yang berwarna hijau, hehe..)




Hubungkan ujung konektor yang satu dengan  colokan microphone pada laptop atau komputer (biasa terdapat gambar microphone kecil di pinggirnya, ada juga yang berwarna merah).




Ujung konektor yang lain tentu saja dihubungkan ke keyboard kan? Ya, tapi tunggu dulu.. Ke bagian mana? Anda bisa menghubungkan ke bagian headphone out, atau ke bagian aux out. Aux out lebih disarankan karena kita masih tetap bisa mendengarkan suara dari keyboard yang dimainkan selama proses recording berlangsung. Namun port aux out ini pada umumnya memiliki ukuran 6.3mm, sehingga kita membutuhkan adapter 3.5mm to 6.3mm (bisa dengan mudah diperoleh di Carrefour atau Hypermart pada bagian elektronik). Ukurannya seperti audio jack pada gitar listrik.





Hubungkan adapter tersebut pada ujung konektor.. 


Kemudian hubungkan pada port aux out keyboard (umumnya terletak di bagian belakang).



Jalankan program Sound Recorder pada laptop. Start Menu => All Programs => Accessories => Sound Recorder. Program ini merupakan bawaan Windows, jadi sudah tersedia dan Anda tidak perlu melakukan instalasi apapun.
 

Akan tampil Sound Recorder seperti berikut.


Klik ‘Start Recording’ untuk mulai merekam, mainkan musik pada keyboard, lalu klik ‘Stop Recording’ apabila telah selesai. Simpan file hasil recording tersebut. Selesai! Ini adalah contoh hasil recording yang saya lakukan.



Tidak ada suara angin berdesir, tidak ada suara apapun selain not dari keyboard. Selamat mencoba.. dan Selamat Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 semuanyaa.. :)
 

1 comment:

Feel free to comment :)