Wednesday, July 18, 2012

Apakah cara membaca buku Anda sudah efektif?

Pernahkah Anda membaca buku, namun Anda merasa tidak mendapatkan informasi apa-apa yang Anda ingat dari buku tersebut?

Jika ya, mungkin cara membaca Anda kurang efektif.

Sebagian besar dari kita membaca buku secara berurutan kata per kata, kalimat per kalimat mulai dari halaman pertama sampai paling belakang. Jika Anda memang sedang membaca novel atau buku cerita, memang harus seperti ini membacanya jika tidak mau bingung. Namun jika Anda sedang mencari informasi dari buku tersebut, seperti buku tips dan trik, buku referensi, atau buku pelajaran sekolah, teknik membaca seperti itu sangatlah membosankan dan tidak efektif. Saya pun dulu ketika menggunakan teknik itu hanya kuat bertahan maksimal 15 menit membaca sebelum tertidur pulas!

Mengapa bisa begitu?

Seperti yang telah saya katakan dalam posting lainnya, struktur otak manusia tidak linear dan berurutan. Jadi teknik membaca secara berurutan tidak seusai dengan cara kerja otak kita sehingga terkesan jenuh dan membosankan. Lalu bagaimana sebaiknya kita membaca?

Misalnya kita sedang membaca buku komputer. Pada bagian pendahuluan ada teks “Dewasa ini perkembangan teknologi komputer semakin pesat. Kapasitas harddisk, RAM, dan lain-lain semakin besar bla bla bla..” Ketika membaca teks yang tidak ingin Anda ketahui atau sudah Anda ketahui sebaiknya cepat saja. Misalnya Anda belum tahu apa itu RAM.

Kemudian Anda pindah ke daftar isi, ternyata bab 3 membahas tentang RAM. Anda pun membaca bagian pertama pada bab tersebut: “RAM atau Random Access Memory adalah memori yang isinya hilang jika catu daya dimatikan sehingga hanya digunakan saat komputer menyala misalnya untuk menyimpan hasil perhitungan sementara, dan sebagainya. Berbeda dengan ROM yang hanya dapat dibaca isinya, RAM ini dapat dibaca datanya maupun ditulisi data.”

Anda kemudian belum tahu apa itu ROM. Anda ke daftar isi lagi dan melompat ke bab 5 yang membahas tentang ROM. Demikian seterusnya. Kelihatannya aneh membaca dengan melompat-lompat. Namun Anda kini telah menjadi tahu dengan cepat apa itu ROM, RAM, dsb.

Anda bahkan tidak perlu melanjutkan membaca detail mengenai RAM seperti arsitektur dan cara kerjanya pada bab 3 jika tujuan Anda membaca adalah mendapatkan informasi secara garis besar mengenai komponen apa saja yang menyusun komputer. Jadi ada beberapa bagian yang seharusnya dilompati karena dibacapun tidak akan masuk otak jika tujuan Anda membaca bukan mendalami cara kerja dan proses pembuatan setiap komponen. Jadi sesuaikanlah dengan tujuan Anda membaca.

Mudah kan? Coba saja praktekkan jika Anda belum pernah menggunakan teknik ini sebelumnya. Bagaimana jika sudah tahu tentang hal ini dan sudah berhasil mempraktekkannya? Lebih bagus lagi. Kalau begitu sebarkanlah informasi ini agar semakin banyak orang yang gemar membaca dan dengan demikian budaya membaca bangsa kita akan semakin meningkat!

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment :)