Saturday, May 21, 2011

Perancangan Remote Controller dengan Sensor Kemiringan Berbasis Akselerometer. Juara I!!

Beberapa bulan yang lalu, saya mulai berpikir bahwa seandainya sebuah remote controller untuk mobil-mobilan dapat mendeteksi kemiringan, pasti akan sangat menyenangkan menggerakkan mobil-mobilan tersebut dengan memiringkan remote controllernya, serasa memegang kemudi mobil sungguhan!

Kebetulan saat itu sedang dibuka pendaftaran Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa untuk Fakultas Teknik. Saya bersama seorang teman yang memiliki spesialisasi hardware (Rudy) akhirnya memutuskan untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Dalam hitungan hari, Rudy yang sudah terbiasa di bidangnya pun berhasil menyelesaikan konstruksi dari remote controller..



Pada hari-hari berikutnya, saya pun berhasil menyelesaikan programnya dan horee!! Kami pun berhasil mengendalikan robot KRCI Beroda dengan remote controller yang hanya memiliki on/off switch tersebut.

Mudah sekali ya, pikir saya. Ternyata tidak semudah itu. Tahap berikutnya merupakan tahap yang paling rumit menurut saya, yaitu pembuatan makalah. Dengan dibimbing oleh sekretaris jurusan kami, Bu Fany, kami pun terus memperbaiki makalah kami. Balik lagi, salah lagi, koreksi lagi, balik lagi, salah lagi, koreksi lagi, dan seterusnya.. Sampai kapan ya?

Namun dengan tekad baja dan semangat ingin menunjukkan bahwa rancangan kami dapat diterima secara umum, kami pun terus berjuang memperbaiki makalah. Akhirnya, setelah proses yang panjang, mulai dari menyusun makalah, berlatih presentasi, sampai dengan dicecar habis-habisan oleh dewan juri saat sesi tanya jawab presentasi.. Thanks God! Akhirnya kami terpilih sebagai juara I!


Luar biasanya, juara I, II, dan III tahun ini semuanya direbut oleh Teknik Elektro!




Juara I: Christopher Henry Priyono, Rudy
Juara II: Calvin Oktavianus, Claudia Cardinale
Juara III: William Wijaya, William Surya Gotama

Hidup Elektro! Hidup Elektro! Hidup Elektro! ;)

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment :)