Wednesday, June 15, 2011

Bermain Dua Gitar Sekaligus

Apakah Anda ingin bermain dua gitar sekaligus? Mau sih, tapi kan sulit, hanya orang tertentu saja yang bisa seperti di YouTube, lagipula kan saya cuma ada satu gitar, hehehe.. kira-kira seperti itu jawaban kebanyakan dari kita. Saya pun belum bisa bermain dua gitar sekaligus, tapi saya bisa menghasilkan lagu yang memiliki bagian melodi dan rhytm seolah-olah lagu tersebut dibawakan oleh dua orang yang bermain gitar. Mau tahu rahasianya? Silakan melanjutkan membaca.

Rahasianya adalah... jreng, jreng, jreeeng.. Audacity. Apa itu? Sebuah software gratis yang dapat digunakan untuk mengedit file mp3, wav, dan-lain-lain. Hasil editan tersebut juga dapat ditumpuk menjadi berlayer-layer dan diekspor kembali dalam format mp3. Penggunaannya juga cukup mudah, tinggal drag & drop saja. Tampilan softwarenya kira-kira seperti ini.



Pertama-tama, saya memainkan bagian rhytmnya, sambil menyanyikan lagunya dalam hati. Hasil permainan tersebut saya rekam menggunakan mp3 player kecil (NB: Jika Anda ingin mencoba, pastikan mic mp3 player Anda berada dekat dengan lubang gitar untuk kualitas terbaik), kemudian file tersebut saya copy ke komputer.

Kemudian, sambil mendengarkan rhytm yang sudah saya copy ke komputer tadi (lebih baik menggunakan headset untuk mendengarkannya agar suara tidak tercampur), saya memainkan bagian melodinya dan merekamnya lagi dengan mp3 player. Setelah file melodi juga sudah dicopy ke komputer, tinggal digabungkan deh kedua file tadi menggunakan Audacity, gampang kan? Jadi, selamat mencoba! Jangan lupa bagi-bagi ya hasil permainannya :)

Salah satu hasil permainan saya dapat didownload disini . Bagi yang sudah master jangan diketawain ya, maklum masih beginner ;)

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment :)