Sunday, June 12, 2011

Mengubah Hidup dengan Hukum Newton, FINAL PART

Para pembaca yang saya hormati, akhirnya sampai juga kita pada Hukum Newton yang ketiga. Hukum ini terkenal dengan nama Hukum Aksi-Reaksi dan merupakan hukum yang paling jelas kaitannya dengan kehidupan nyata dari ketiga Hukum Newton yang sangat terkenal itu. Hukum ini secara sederhana menjelaskan bahwa apabila kita mengerjakan suatu gaya pada sebuah benda, benda tersebut akan mengembalikan gaya tersebut dengan besar yang sama kepada kita. Kerennya, F12 = F21.

Saya jadi teringat masa-masa sewaktu saya masih SD dan masih 'bandel-bandelnya'. Di SD dulu, saya terkenal sebagai orang yang usil dan beberapa teman saya telah menjadi korbannya (bagi yang merasa, maap yah, hehehe.. sekarang sih udah nggak lah :) Saya seringkali ditegur guru saya dan kata-katanya yang masih saya ingat adalah seperti ini

"Hen, kamu mau gak kalo kamu digituin?" Saya menjawab: "Yah gak mau lah, mana ada orang yang mau diusilin." Guru saya berkata lagi: "Kalo gitu kamu gak boleh gitu sm temen kamu!" Dalam hati saya berkata "Lho apa hubungannya?" (Maklum masih SD, belum bisa berpikir kompleks, hehehe..)

Seiring berjalannya waktu, ketika saya semakin dewasa (cyailee..), saya akhirnya menyadari suatu hal. Seperti tembok yang kalau kita pukul akan mengembalikan pukulan kita sehingga tangan kita terasa sakit (Hukum Aksi-Reaksi), saya akhirnya mengerti bahwa apabila kita berbuat jahat pada orang lain, maka kita akan menerima balasannya entah dari orang yang sama ketika dia membalas, atau dari orang lain yang bahkan tidak disangka-sangka.

Demikian pula sebaliknya apabila kita berbuat baik pada orang lain, maka orang lain itu suatu saat nanti pasti akan membalas kebaikan kita, bahkan sekalipun orang itu tak sanggup membalasnya, orang yang lain secara tidak disangka-sangka akan membalaskan kebaikan itu pada kita. Terkadang, kebaikan yang kita terima pun jauh lebih besar daripada yang kita berikan (bahkan kebaikan pun bisa jadi investasi :) Jadi, mana yang lebih enak, jadi orang baik atau orang jahat? Semuanya kembali kepada Anda..

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment :)