Wednesday, July 18, 2012

Cara Belajar yang Efektif dan Tidak Membuat Jenuh

Terkadang saat kita selesai belajar sesuatu, terutama pelajaran teori, beberapa hari kemudian kita sudah lupa lagi. Padahal saat belajar itu kita sudah sampai terbosan-bosan dan jenuh. Rasanya sangat merugikan bukan?

Mengapa bisa demikian?

Mungkin cara belajar kita perlu diubah. Seperti yang pernah saya katakan dalam posting lainnya bahwa otak manusia tidak bekerja berdasarkan urutan dan susunan. Namun lebih kepada hubungan antar ide tersebut.

Misalkan saja Anda disuruh menghafalkan benda-benda berikut: sendok, meja, obeng, garpu, paku, piring, palu, kursi. Lebih mudah mana, menghafalkan dalam urutan tersebut atau urutan berikut:

Meja – kursi –piring –sendok –garpu –obeng –paku –palu

Mengapa lebih mudah? Karena urutan tersebut memiliki hubungan ide yang jelas. Ada meja dan kursi, di atas meja ada piring. Di dalam piring tersebut ada sendok dan garpu. Tak jauh dari situ terdapat peralatan kerja seperti obeng, paku, dan palu.

Melalui contoh tersebut, Anda sudah mengetahui apa yang saya maksud dengan cara belajar yang efektif kan? Tidak perduli seberapa liar imajinasi Anda, asalkan hubungan antar idenya jelas, otak Anda akan menyerapnya juga. OK, selamat mencoba! :)


Sumber bacaan:
http://thinksimplenow.com/productivity/how-to-learn-without-memorizing/

No comments:

Post a Comment

Feel free to comment :)